CONTOH FORMAT RPP BERKARAKTER

Share on :



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                                     :    ....
Kelas/Semester                                     :    ....
Pertemuan ke-                                      :    ....
Alokasi Waktu                                       :    ....
Standar Kompetensi                            :    ....
Indikator                                                 :    ....
I.         Tujuan Pembelajaran                   :    ....
II.       Materi Ajar                                      :    ....
III.    Metode Pembelajaran                 :    ....
IV.    Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan Pertama,
A.    Kegiatan Awal                          :    ....
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi                                 :
Elaborasi                                  :
Kompirmasi                          :    ....
C.     Kegiatan Akhir                          :    ....
V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar       :    ....
VI.    Penilaian                                          :    ....

Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester             :    VI / Pertama
Alokasi Waktu              :    6 x 35 menit

Standar Kompetensi
1.    Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya

Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungan tempat hidupnya.

Indikator
v  Memberi contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya misalnya :  kelelawar dan cicak
v  Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar), dan lain-lain.
v  Mengaitkan ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya.
v  Melakukan pengamatan hewan di sekitar yang memiliki ciri khusus

A.   Tujuan Pembelajaran
1.  Peserta didik dapat menyebutkan contoh beberapa hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya.
2.  Peserta didik dapat mendeskripsikan atau menyebutkan ciri khusus beberapa hewan seperti kelelawar dan cicak
3.  Mengaitkan ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya.

B.   Materi Pokok Pembelajaran
       Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan :
       1.  Hewan-hewan yang memiliki ciri khusus
       2.  Ciri-ciri khusus hewan
       3.  Ciri khusus hewan dan lingkungan hidupnya

C.   Metode Pembelajaran
       1.  Model Pembelajaran
            a.  Taching Game Team ( TGT )
            b.  Cooperative Teaching and Learning ( CTL )
       2.  Metode
            a.  Diskusi
            b.  Pengamatan
            c.  Kerja Kelompok

D.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama ( 2 x 35 menit )
1.1.     Pendahuluan ( 10 menit )
v  Guru mengabsen kehadiran siswa
v  Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan menyanyikan lagu “Cicak-cicak di Dinding”, dan dilanjutkan dengan melakukan tanya jawab mengenai makhluk hidup yang ada di sekitar kita.
-          Mengapa cicak tidak jatuh ketika merayap di dinding dan langit-langit rumah?
-          Bagaimana kelelawar mencari makan ?
v  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa.
1.2.     Kegiatan Inti (45 menit)
1.2.1    Eksplorasi
·      Peserta didik menyimak penjelasan singkat materi pembelajaran dan tugas dari guru
·      Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 6 – 7 orang siswa
·      Peserta didik melakukan diskusi tentang penjelasan guru serta materi yang diberikan dalam bentuk handout (mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar/ekolokasi, memancarkan bunyi dari mulutnya, bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya, selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebutdari bunyi yang kembali padanya.
·      Mempelajari kaki lengket pada cicak dan tokek, telapak kaki tokek/ cicak mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket, mempelajari lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut.
·      Guru mendampingi siswa dalam berdiskusi sampai semua anggota memahami apa yang sedang dipelajari.
·      Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang ditunjuk tentang materi yang telah didiskusikan, kelompok yang telah menjawab pertanyaan mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang belum mendapat pertanyaan.
1.2.2    Elaborasi
            Setiap perwakilan kelompok maju ke muka kelas untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan.
1.2.3    Konfirmasi
            Peserta didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari :
-       Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-       Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat.
-       Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah

1.3.     Penutup (15 menit)
-       Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran
-       Guru memberikan tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan pertemuan selanjutnya

2.      Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
2.1.     Pendahuluan (10 menit)
v  Guru mengabsen kehadiran siswa
v  Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab mengenai materi pelajaran sebelumnya
v  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa.
2.2.     Kegiatan Inti (45 menit)
2.2.1.  Ekplorasi
·      Peserta didik menyimak penjelasan singkat materi pembelajaran dan tugas dari guru
·      Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 6 – 7 orang siswa
·      Peserta didik melakukan diskusi tentang penjelasan guru serta materi yang diberikan dalam bentuk handout (Keterkaitan cirri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya)
·      Mempelajari keterkaitan kaki lengket pada cecak dan tokek, lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut dengan lingkungan hidupnya.
·      Guru mendampingi siswa dalam berdiskusi samapi semua anggota memahami apa yang sedang dipelajari.
·      Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang ditunjuk tentang materi yang telah didiskusikan, kelompok yang telah menjawab pertanyaan mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang belum mendapat pertanyaan.
2.2.2.  Elaborasi
Setiap perwakilan kelompok maju ke muka kelas untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan.
2.2.3.  Konfirmasi
Peserta didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

2.3.     Penutup (15 menit)
2.3.1.  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.
2.3.2.  Guru memberikan tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan latihan ulangan pada pertemuan berikutnya.

3.      Pertemuan Ketiga ( 2 x 35 menit )
3.1.     Pendahuluan ( 10 menit )
v  Guru mengabsen kehadiran siswa
v  Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa latihan ulangan yang akan dilakukan.
v  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa.



3.2.     Kegiatan Inti (50 menit)
3.2.1. Ekplorasi
·      Peserta didik menyimak penjelasan singkat materi pelaksanaan latihan ulangan yang akan dilakukan.
·      Guru membagikan berkas soal latihan ulangan kepada peserta didik.
·      Peserta didik mengerjakan soal-soal latihan ulangan dengan batas waktu yang ditentukan.
§  Setelah selesai mengerjakan soal-soal latihan ulangan, peserta didik diminta untuk menukar lembar jawaban pada teman sebangku.
3.2.2.  Elaborasi
Setiap peserta didik mengevaluasi hasil pekerjaan temannya, dan peserta didik yang ditunjuk dapat menyebutkan jawaban temannya.

3.2.3.  Konfirmasi
Peserta didik bersama-sama dengan guru menyamakan jawaban soal latihan ulangan.

3.3.     Penutup (10 menit)
3.3.1.  Guru memberikan nilai dan penghargaan kepada peserta didik atas hasil latihan ulangan yang telah dikerjakan.
3.3.2.  Guru memberikan tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan belajar pada pertemuan berikutnya.

E.       Sumber Belajar
-            Buku Paket IPA karangan Dwi Suhartanti, Isnani Aziz Zulaikha, Yulinda Erma Suryani. Penerbit Mentari Pustaka (Buku BSE)
-            Gambar hewan
-            Lembar Kerja Siswa (LKS)
-            Lingkungan sekitar

F.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian             : Tes Proses dan Pos Tes (Tes tertulis)
2.      Instrumen Penilaian       : terlampir



Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.      Kelelawar merupakan ssatu-satunya mamalia yang dapat terbang. Untuk mencari makanan kelelawar memanfaatkan pantulan bunyi yang berfrekuensi tinggi. Kemampuan tersebut disebut dengan...................
2.      Cicak dan tokek memiliki ciri khusus yang sama yaitu.................
3.      Ciri khusus yang dimiliki oleh landak semut dan bunglon adalah..............
4.      Unta, meskipun tidak makan berhari-hari tetapi dapat bertahan di padang pasir karena memiliki..................
5.      Memiliki mata dan pendengaran yang tajam dan peka adalah ciri khusus yang dimiliki oleh hewan................

Kunci Jawaban :
1.      Ekolokasi
2.      Memiliki perekat pada kakinya yang berfungsi untuk merayap di dinding
3.      Memiliki lidah yang panjang dan lengket
4.      Punuk yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
5.      Burung hantu

Score nilai
1.      Jika jawaban benar nilai 2, jika salah 0
2.      Jika jawaban benar nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
3.      Jika jawaban benar nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
4.      Jika jawaban benar nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
5.      Jika jawaban benar nilai 2, jika salah 0

........................., .............................................
Mengetahui
Kepala Sekolah,





...................................................
NIP.
Guru Kelas,






...................................................
NIP.





Mata Pelajaran     :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :  VI / Pertama
Materi Pokok       :  Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan :
1.   Hewan-hewan yang memiliki ciri khusus
2.   Ciri-ciri khusus hewan
3.   Ciri khusus hewan dan lingkungan hidupnya











LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam
Hari / Tanggal                         :
Kelas / Semester                     : VI / I 
Nama Kelompok                    : ................................................................................
Nama Anggota Kelompok     : 1.  ............................................................................
                                                  2.  ............................................................................
                                                  3.  ............................................................................
                                                  4.  ............................................................................
                                                  5.  ............................................................................
                                                  6.  ............................................................................
                                                  7.  ............................................................................

No.
Nama Hewan
Ciri-ciri Khusus
Kegunaan








Nilai
Tanda Tangan Guru








LEMBAR EVALUASI

Mata Pelajaran                   :    Ilmu Pengetahuan Alam
Hari / Tanggal                    :    ......................................................................
Nama Siswa                       :    ......................................................................
Kelas / Semester                :    VI. C / 1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.        Kelelawar merupakan ssatu-satunya mamalia yang dapat terbang. Untuk mencari makanan kelelawar memanfaatkan pantulan bunyi yang berfrekuensi tinggi. Kemampuan tersebut disebut dengan...................
2.        Cicak dan tokek memiliki ciri khusus yang sama yaitu.................
3.        Ciri khusus yang dimiliki oleh landak semut dan bunglon adalah..............
4.        Unta, meskipun tidak makan berhari-hari tetapi dapat bertahan di padang pasir karena memiliki..................
5.        Memiliki mata dan pendengaran yang tajam dan peka adalah ciri khusus yang dimiliki oleh hewan................

Jawaban :
1.       ..........................................................................................................................................
2.       ..........................................................................................................................................
3.       ..........................................................................................................................................
4.       ..........................................................................................................................................
5.       ..........................................................................................................................................


Nilai
Tanda Tangan Guru









0 komentar on CONTOH FORMAT RPP BERKARAKTER :

Post a Comment and Don't Spam!