PENGERTIAN dan DEFINISI KECELAKAAN KERJA

Share on :

kecelakaan kerjaPengertian Kecelakaan Kerja

Beberapa hari yang lalu ada tanggapan dari sahabat artikek3.com melalui email yang bertanya apakah kecelakaan lalulintas termasuk kecelakaan kerja.
Sebelum saya coba membahas tuntas tentang pertanyaan tersebut, saya akan membahas tentang definisi kecelakaan kerja berdasarkan perundang-undangan dan beberapa standar keselamatan yang berlaku di Indonesia ataupun international.

Berikut ini beberapa definisi kecelakaan kerja

Menurut Per 03/Men/1994 mengenai Program JAMSOSTEK, pengertian kecelakaan kerjaadalah kecelakaan berhubung dengan hubungan kerja , termasuk penyakit yang timbul karena hubungan kerja demikian pula kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan berangkat dari rumah menuju tempat kerja dan pulang ke rumah melalui jalan biasa atau wajar dilalui.( Bab I pasal 1 butir 7 ).
Sedangkan menurut Direktur Teknik MIGAS selaku Kepala Inspeksi Tambang MIGAS mendefinisikan Kecelakaan Kerja Tambang adalah setiap kecelakaan yang menimpa pekerja tambang, pada waktu melakukan pekerjaannya di tempat kerja pada pada WKP nya yang mengakibatkan pekerja kehilangan kesadaran, memerlukan perawatan medis, mengalami luka2, kehilangan anggota badan, atau kematian. Pekerjaan tambang adalah semua kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan tugas atau kepentingan perusahaan termasuk kegiatan insidentil, kegiatan sukarela dan kegiatan lain yang dilakukan atas perintah/izin perusahaan.
Menurut OSHA adalah kecelakaan yang tejadi pada saat pergi  atau pulang dari kerja, yang biasa disebut commuting, bukan termasuk kecelakaan kerja.
Kriteria kecelakaan tambangmenurut keputusan mentamben no 555.K/26/M.PE/1995 tentang K3 pertambangan umum. Kecelakaan tambang harus memenuhi 5 unsur yaitu;
  1. Benar terjadi
  2. Mengakibatkan cidera pekerja tambang atau orang yang diberi izin oleh kepala tehnik tambang
  3. Akibat kegiatan usaha pertambangan
  4. Terjadi pada jam kerja tambang yang mendapat cidera atau setiap orang yang diberi izin dana
  5. Terjadi di dalam wilayah kegiatan usaha pertambangan atau wilayah proyek
1994 mengenai Program JAMSOSTEK , pengertian kecelakaan kerja adalah kecelakaan yang terjadi berhubung dengan hubungan kerja , termasuk penyakit yang timbul karena hubungan kerja demikian pula kecelakaan yang terjadi daalam perjalana berangkat dari rumah menuju tempat kerja daan pulang kerumah melalui jalan biasa atau wajar dilalui.( Bab I pasal 1 butir 7 ).Nah definisi tentang kecelakaan kerja di atas ini saya kira sudah cukup untuk kita memutuskan apakah kecelakaan kerja lalulintas dimana karaywan pulang dan pergi dari rumah ke tempat kerja dan sebaliknya dikategorikan kecelakaan kerja.Jika kita mengacu kepada JAMSOSTEK dan selama tempat kejadian adalah jalur perjalanan yang biasa digunakan saat kerja, hal ini bisa dikategorikan kecelakaan kerja tetapi jika kita mengikuti OSHA atau perusahaan kita masuk dalam bidang pertambangan maka hal ini bukan termasuk kecelakaan kerja.
Kita mengkategorikan kecelakaan kerja ini tergantung dari mana kita memandangnya, jika kita memandangnya untuk kebutuhan asuransi ya ikutilah JAMSOSTEK tetapi jika kecelakaan ini akan dimasukkan kedalam statistik K3 maka hal ini tidak termasuk kecelakaan kerja.
Jika ada teman-teman yang ingin menanggapi artikel ini, silahkan memberikan tanggapannya dengan mengomentari artikel ini.

0 komentar on PENGERTIAN dan DEFINISI KECELAKAAN KERJA :

Post a Comment and Don't Spam!