RESIKO SERING GANTI-GANTI TEMPLATE BLOG

Share on :


RESIKO SERING GANTI-GANTI TEMPLATE BLOG - Hai rekan blogger, tahu gak RESIKO SERING GANTI-GANTI TEMPLATE BLOG kali ini HQSA pengen berbagi pengalaman nich, yaitu soal kebiasaan bagi kamu-kamu yang suka gonta-ganti template. Bagi kamu yang sedang gandrung-gandrungnya mempelajari SEO (Search Engine Optimization), gonta-ganti template jelas tidak SEO Friendly, kenapa?

Sebenarnya sich, sah-sah saja dan tidak ada yang melarang koq kalo kamu ingin kepuasaan tersendiri untuk mempercantik blog / website kamu dengan mengganti template. Tapi yang perlu diingat, bahwa hal itu tidak baik untuk perkembangan SEO blog / website kamu.

Tampilan blog / website secara fisik memang sangat diperlukan untuk menambah kenyamanan para pengunjung dan sekaligus mempercantik tampilan blog / website. Dan bicara soal blog yang cantik, erat kaitannya dengan template tentunya.

Template yang satu tidak cocok, lalu diganti dengan yang lain sampai berkali-kali hingga akhirnya kamu pun merasa puas. Tapi tahukah kamu hal tersebut tidak dianjurkan dan berbahaya, karena beresiko merusak keberadaan SEO yang sedang kamu bangun.

Kita ibaratkan saja hal ini dengan sebuah gedung besar yang sedang di bangun. Kalo sering di bongkar sana-sini, maka hal itu hanya akan menambah bingung orang yang melihatnya. Nah, begitu pula dengan search engine yang setiap hari mengindex blog / website kamu.

Ibarat lainnya, template kita umpamakan seperti jalan, ketika kita melewati sebuah jalan di suatu daerah yang belum pernah dilewati, maka secara otomatis pikiran kita akan merekam lika-liku bentuk suasana jalannya, sehingga sewaktu kita akan melewatinya lagi, kita tidak akan kebingungan, karena sudah terekam di dalam memori kepala kita.

Begitu pula dengan template, sewaktu kita memakai template baru, maka search engine akan merekam seluruh lika-liku dan susunan kode-kodenya, sehingga sewaktu akan mengindex ulang, si search engine tidak akan bingung untuk melewatinya kembali, karena sudah di data di dalam databasenya.


Lalu, percayakah kamu kalo sering gonta-ganti template akan merusak SEO?

Hal ini sebenarnya baru saya alami beberapa waktu yang lalu, karena kebosanan saya terhadap template blog saya yang lama, maka saya pun berkeinginan untuk merubahnya. Setelah saya menemukan template yang cocok dan menggantinya, apa yang terjadi? SEO yang saya bangun selama ini lantas berantakan dan menurun drastis.

Sedih memang, namun apa mau dikata? Nasi sudah menjadi bubur, yang ada saya saat ini sedang berusaha untuk memperbaikinya kembali, meski hal itu sangat jelas membutuhkan waktu yang tidak sebentar tentunya.

Maka dari itulah, artikel ini saya buat untuk berbagi ke rekan-rekan sekalian dan kebetulan saya pun menemukan jawaban atas masalah ini dari salah seorang rekan blogger yang telah mengulasnya.


Jika kamu bertanya lagi kalo tidak pernah ganti template, namun sering di tambah kode-kode yang lain bagaimana? Atau mungkin sedikit di ubah kode yang ada di dalamnya?

Menurut pengalaman saya pribadi, hal ini tetap berpengaruh terhadap pembangunan SEO, tapi hal itu tidak berlangsung lama dan akan dilanjutkan kembali pembangunan SEO tersebut.

Namun, jangan salah, ada pula yang berpendapat, bahwa kalau tidak ganti-ganti template, tapi sering di ubah-ubah kode di dalamnya, maka hal itu akan lebih buruk lagi tingkat SEO-nya.


Saran saya buat rekan-rekan yang baru terjun di dunia blog dan ingin berbisnis online melalui blog, maka dari awal sebaiknya carilah template yang tampilannya cukup memuaskan diri sendiri dan cukup puas dilihat para pengunjung. Simplenya, carilah template yang minimalist.

Meskipun tampilan blog kita cantik namun artikel yang di update hanyalah article-article copy paste alias CoPas dan tidak bermutu (seperti sayap-sayap kehidupan ini), maka jangan berharap banyak bisa kebanjiran traffics dari pengunjung dan jangan berharap pula bisa succes dalam berbisnis online.

Sekali lagi pertanyaannya, "Berbahayakah gonta-ganti template?"
Maka jawabannya, "Sangat berbahaya!"
"Percayakah kamu?"
"Percayalah".

Semoga artikel RESIKO SERING GANTI-GANTI TEMPLATE BLOG ini bermanfaat untuk rekan-rekan blogger semua. Salam.

(",)v

0 komentar on RESIKO SERING GANTI-GANTI TEMPLATE BLOG :

Post a Comment and Don't Spam!